Selasa, 02 Februari 2016

Sore ini, kala hujan tak berhenti turun entah kenapa saya mendadak “ngidam” makan nasi bakar. Mau beli? Jauh. Tapi saya masih keras kepala ingin makan itu. Akhirnya, saya browsing-browsing resep dan kepikiran untuk buat nasi bakar sendiri ala saya. Semua bahan serba seadanya dan kurang sana-sini (kalau ikut petunjuk resep). Modal nekad, saya langsung ke dapur, buka kulkas dan lihat bahan-bahannya cukup. Awalnya sempat bingung untuk isian nasi bakarnya, tapi akhirnya saya teringat dengan ikan tuna kaleng rasa sambal goreng, oleh-oleh dari si Mas saat dia ke Manado beberapa hari lalu (terima kasih ya Mas-ku). Maka jadilah saya masak Nasi Bakar Tuna Pedas yang ternyata rasanya enak dan sesuai yang saya harapkan. Berikut bahan-bahan dan petunjuk memasak saya barusan.



Nasi Bakar Tuna Pedas (Sudah matang)
Bahan-bahan:
·         Sepiring nasi putih
·         Beberapa sendok ikan tuna kaleng rasa sambal goreng
·         1 sdm minyak goreng
·         2 siung bawang merah
·         3 siung bawang putih
·         1 buah cabe rawit merah
·         1 buah cabe merah keriting
·         2 lembar daun salam
·         1 lembar daun jeruk
·         1 tangkai daun bawang
·         ½ sdt garam
·         2 sdt gula
·         ¼ sdt penyedap rasa
·         Sedikit air
·         Daun pisang
·         Tusuk gigi/ lidi yang bersih

Catatan:
Bahan dan bumbu dapat disesuaikan dengan jumlah porsi yang ingin dimasak dan penggunaan jenis bahan masakan. Di sini karena saya menggunakan ikan tuna kaleng yang sudah memiliki rasa, yaitu rasa sambal goreng, jadi saya hanya perlu menambahkan sedikit bumbu. Karena pada dasarnya ikan tuna ini sudah memiliki rasa asin dan pedas.

Ikan Tuna Sambal Goreng


Cara membuat:
1.      Iris bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe merah keriting, daun bawang, dan sobek sedikit bagian dari daun jeruk dan daun salam agar aromanya lebih terasa saat ditumis.
2.      Panaskan minyak goreng dalam wajan.
3.      Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe merah keriting, dan ikan tuna. Tunggu hingga ikan bumbu lebih meresap. Lalu masukkan daun bawang, daun jeruk dan daun salam secara berkala. Tambahkan sedikit air.
4.      Masukkan garam, gula, dan penyedap rasa. Tunggu hingga seluruhnya matang.
5.      Siapkan daun pisang. Jangan lupa untuk mencuci/mengelap daun pisang sebelum digunakan.
6.      Masukkan nasi putih yang telah disiapkan sesuai selera. Lalu masukkan isian tuna pedas tadi ke dalamnya sesuai selera. (saran saya masukkan isi jangan terlalu sedikit, agar nasi bakar menjadi lebih nikmat)
7.      Gulung nasi bakar dan beri tusuk gigi/lidi yang bersih untuk membuatnya tertutup rapat.
8.      Bakar gulungan nasi kurang lebih 15-20 menit (sesuai selera).
9.      Nasi bakar siap disajikan.
Nasi setelah dibakar

Catatan: resep di atas saya buat untuk menyajikan 3 porsi nasi bakar dengan ukuran sedang.
Itulah sedikit resep ala-ala yang ternyata cukup lezat untuk disajikan untuk makan sore saya kali ini.  Maaf karena bungkusnya berantakan dan fotonya seadanya. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Sumber gambar ikan tuna (karena lupa foto, langsung dibuka :D):

Sumber gambar nasi bakar tuna pedas: dokumentasi pribadi

Jakarta, 2 Februari 2016
Ulfa Rahmatania

Ruang Ulfa . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates